Exparative tak lekang oleh waktu

Jumat, 28 Oktober 2011

Posted by Exp4rativ3 on 18.03

Bahasa Gaul ? Gw banget !
“Bahasa gaul? Gw banget!” itulah slogan yang seringkali diucapkan para remaja masa kini di Indonesia. Kabarnya bahasa gaul tidak hanya mewabah dikalangan remaja saja, tetapi sering juga digunakan oleh para orang tua jaman sekarang.

Ngomongin bahasa, orang sering sekali berbicara tanpa tahu artinya. Maka saya ingin menuliskan sedikit kamus gaul yang saya pernah tahu.
Just share...
secara : kata ini sudah lama bumming dan sering diartikan karena, secara = sebab, cause, karena, tapi kayanya sih berawal dari kalimat ’ secara siapa? Secara gue gitu loh ’ yang berarti ’ ala( dengan cara) siapa? Ala gue gitu loh’ yang kemudian salah pengertian jadi diartikan menjadi ’karena gue gitu loh’ dan penggunaannya jadi menyalahi eyd yhhh...
megang : kata ini diartikan keren, ok, bagus contoh dalam kalimat: ’si A main basketnya megang banget dech...’
lebay : kepanjangan dari lebih gaya = berlebihan gaya... melebih-lebihkan gaya gerak, gaya bercanda, gaya ngomong...dll..
alay= anak layangan = kampungan = norak, arti lain : alah lebay, 
btw (dibaca: be-te-we)= by the way (ngomong-ngomong)
oot = out of topic, keluar dari topik alias ngga nyambung..
omg (dibaca o-em-ji)= oh my god.. btw dan omg kayanya berasal dari menyingkat kata saat ber-sms dalam bahasa inggris (dari majalah kanguru september 2008), selain itu tertulis juga di majalah tersebut:
asap = as soon as possible; cu/cya = see you; dunno/dno = don't know; gal = girl; gf = girl friend; tmr/tmz/tomoz = tomorrow; lol = lough out loud, lost of love; wateva/woteva = whatever; mite = might; neva = never; ova = over; soz/sry = sorry; gd = good; w/o = without; w = with; eva =ever.


gokill : disebutkan pada orang/ hal yang lucu, kocak, sampai bikin tertawa ngakak; dalam kamus inggris-indonesia arti kill digunakan dalam kalimat : his joke kill me; 

gokil juga biasanya disebut untuk hal yang extem, membuat tercengang; ada yang bilang juga go= pergi kill= bunuh, gokill= setelah membunuh terus pergi (maksudna mungkin setelah membuat ngakak atau tercengang terus wajah inonsen- seperti pelawak tanpa dirinya sendiri tertawa).



jayus : candaan yang tidak lucu, mungkin juga kepanjangan dari ’jijay for us’ kali ya. tapi jadi sering disamakan dengan gokill penggunaannya.

illfeel(dibaca il-fil): dalam bahasa inggris ill=buruk, tidak cocok, tidak suka; feel=rasa; atau dengan kata lain = ilang feeling, hilang perasaan/pandangan baik (senang, suka, respect) terhadap orang atau hal.
Mupeng = muka pengen
Garing = tidak cair = kering, kalau suasana membosankan, kalau candaan hampir mirip dengan jayus yaitu tidak lucu,
Sotoy = sok tahu
BT = boring time => boring = bosen, suntuk, jenuh, jemu, sebal, kesal.. boring time: saat-saat yg membosankan, menyebalkan, menjemukan dll; BT bisa juga diartikan benci tebel kali ya, atau basi tulen.
bro : berasal dari kata brother= saudara, panggilan untuk teman atau sobat laki-laki, mungkin klu perempuan sis kli ya.. ada pula sebutan brad=brade, yang berasal dari kata brother juga
Jadul = jaman dulu
Cupu = culun punya
Telmi = telat mikir
ember = emang benar
wanda = wah nda tahu saya
pw = posisi wenak, biasanya digunakan ketika orang duduk (posisi)nya ga mau beranjak
clbk (dibaca ce-el-be-ka atau celebek) = cinta lama bersemi kembali
boil = mobil
spokat= sepatu
dasrun= dasar



Bahasa yang kasar :

P A (dibaca pe-a) = pendek akal
Moron : dari bahasa biologi yang berarti gangguan syaraf otak = idiot
Lemot = lemah otak

1 komentar:

ehem ini coppy-paste dari http://ilmair.blogspot.com/2008/11/tentang-gaul-dan-bahasa-gaul-neeehhh.html ya? btw ko ga ada backlink sumbernya ya? soalnya ini coppy paste keselurhan banget, di edit cuma atasnya aja

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More